FAHMI, AMIRUDDIN (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA DILIHAT DARI KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI ANGGOTA PADA KOPERASI SERBA USAHA (KSU) BINA MITRA MANDIRI DI KUDUS. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Kepuasan anggota merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Puas tidaknya anggota diketahui setelah melakukan transaksi, tergantung pada kinerja tawaran dalam pemenuhan harapan anggota. Jika kinerja berada di bawah harapan, anggota tidak puas. Jika kinerja memenuhi harapan, anggota puas. Jika kinerja melebihi harapan, anggota amat puas atau senang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan anggota, tetapi dalam penelitian ini dianalisis dengan kualitas pelayanan dan nilai anggota. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan nilai anggota terhadap kepuasan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) “Bina Mitra Mandiri”, Jl. Suryo Kusumo No. 749, Jepang, Mejobo, Kudus yang berjumlah 145 anggota. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 angota. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan datanya kuesioner. Teknik analisisnya regresi berganda, uji – t, uji – F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Nilai anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Kualitas pelayanan dan Nilai anggota terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota
Actions (login required)