MUHAMMAD, MAFTUKHIN (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA BANDENG JUWANA ELRINA GROUP SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Konsumen merupakan sosok individu atau kelompok yang mempunyai peran urgent bagi perusahaan. Hal ini disebabkan keberadaan konsumen mempunyai akses terhadap eksistensi produk di pasaran sehingga semua kegiatan perusahaan akan diupayakan untuk bisa memposisikan produk agar dapat diterima oleh konsumen. Konsumen dan pelanggan merupakan mitra utama bagi pemasar, pentingnya loyalitas pelanggan dalam pemasaran tidak diragukan lagi. Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi Loyalitas pelanggan, tetapi dalam penelitian ini dianalisis dengan kualitas pelayanan dan kualitas produk. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan toko bandeng juwana elrina Jl. Pandanaran, No 57, Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pelanggan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner kepada pelanggan. Teknik analisisnya memakai uji instrumen, uji regresi linear berganda, uji – t, uji – F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan dan Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Actions (login required)