GANJAR, ADI PRIYAMBODO (2014) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK BLACKBERRY DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Untuk memahami pembuatan keputusan konsumen, harus dipahami sifat-sifat keterlibatan konsumen dengan produk atau jasa. Memahami tingkat keterlibatan konsumen terhadap produk atau jasa berarti pemasar berusaha mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan seseorang merasa harus terlibat atau tidak dalam pembelian suatu produk atau jasa. Tingkat keterlibatan konsumen dalam suatu pembelian dipengaruhi oleh stimulus (rangsangan). Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi dalam penelitian ini dianalisis melalui kualitas produk, harga dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian adalah keputusan konsumen mengenai preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan. Untuk memahami pembuatan keputusan konsumen, harus dipahami sifat-sifat keterlibatan konsumen dengan produk atau jasa. Memahami tingkat keterlibatan konsumen terhadap produk atau jasa berarti pemasar berusaha mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan seseorang merasa harus terlibat atau tidak dalam pembelian suatu produk atau jasa. Tingkat keterlibatan konsumen dalam suatu pembelian dipengaruhi oleh stimulus (rangsangan). Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi dalam penelitian ini dianalisis melalui kualitas produk, harga dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah responden pengguna handphone merek Blackberry di Kota Semarang. Sampel yang dipilih berjumlah 100 konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4). Kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
Actions (login required)