KURNIA, EFFENDY ALAMSYAH (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASN PENGUNJUNG DI MUSEUM RONGGOWARSITO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
kepuasan adalah respon dari perilaku yang ditunjukkan oleh pelanggan dengan membandingkan antara kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Apabila hasil yang dirasakan dibawah harapan, maka pelanggan akan kecewa, kurang puas bahkan tidak puas, namun sebaliknya bila sesuai dengan haparan, pelanggan akan puas dan bila kinerja melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas.Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap kepuasan pengunjung di Museum Ronggowarsito Semarang. Dalam penelitian ini populasinya adalah pengunjung yang sedang berwisata di Museum Ronggowarsito Semarang, selanjutnya sampel yang diambil secara Accidential Sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebesar 100 pengunjung. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Berganda, Pengujian Hipotesis dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan SPSS for Windows versi 16,0 menunjukkan bahawa : kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Prosentase Nilai koefisien determinasi sebesar 76,8 %. Hal ini berarti sebesar 76,8 % pengaruh dari kepuasan pengunjung dapat dijelaskan dari ketiga variabel independen. Sedangkan sisanya 23,2% dijelaskan oleh variabel lain selain variabel kualitas pelayanan harga, dan promosi yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Actions (login required)