UDiNus Repository

PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS SEBAGAI MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PADA PT. INDOAGUNG SURYA MOTOR TEGAL

HENDRI, SETIAWAN (2012) PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS SEBAGAI MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PADA PT. INDOAGUNG SURYA MOTOR TEGAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Masalah yang sering terjadi pada proses seleksi penerimaan karyawan baru diantaranya adalah subyektifitas dalam pengambilan keputusan, terutama jika beberapa pelamar yang ada memiliki kriteria yang hampir sama. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang diharapkan mampu mengurangi subyektifitas dalam pengambilan keputusan. Proses dilakukan dengan menggunakan perhitungan terhadap seluruh kriteria untuk seluruh pelamar, sehingga diharapkan pelamar dengan kemampuan tebaiklah yang akan terpilih. Sistem pendukung keputusan ini dilakukan dengan menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process), yaitu dengan memberikan nilai yang dalam AHP disebut nilai saaty, nilai tersebut berkisar antara 1 sampai 9. Nilai ini nantinya akan dimasukkan ke tiap pelamar untuk tiap-tiap kriteria dan sub kriteria yang telah diberikan bobot. Dalam penelitian ini didapatkan tujuh kriteri tes dan lima sub kriteria penilaian yang digunakan. Ketujuh kriteria tes tersebut antara lain : kecerdasan, kepribadian, bakat, minat, prestasi, akademik/pengetahuan, dan wawancara. Sedangkan sub kriteria penilaian yang digunakan yaitu : sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang. Hasil dari proses ini berupa jumlah nilai pelamar. Nilai ini merupakan dasar rekomendasi bagi pengambil keputusan dalam memilih pelamar yang sesuai untuk mengisi jabatan yang kosong. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan MySQL sebagai penyimpan database.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:49
    Last Modified: 18 Nov 2014 22:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10983

    Actions (login required)

    View Item