UDiNus Repository

Media Bantu Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Kerajaan Kerajaan Di Indonesia pada SD Kelas V Berbasis Multimedia

ADITYA, NURRAHARJO (2012) Media Bantu Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Kerajaan Kerajaan Di Indonesia pada SD Kelas V Berbasis Multimedia. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengerti sejarah bangsanya.Di Indonesia, ilmu sejarah telah menjadi salah satu mata pelajaran wajib dalam kurikulum, sejak sekolah dasar. Dengan mengenalkan sejarah kepada generasi muda sejak usia dini, diharapkan dapat membangun semangat patriotisme dan menumbuhkan kecintaan generasi muda kita terhadap Negara dan tanah airnya.Permasalahan ini diangkat sehubungan dengan metode pengajaran pengenalan pelajaran sejarah kepada anak-anak Sekolah Dasar kelas V yang diberikan tidak begitu menarik dan membuat anak-anak cepat lupa sampai dewasa. Sehingga pada saat dewasa mereka melupakan dan meremehkan warisan budaya Indonesia. Laporan ini dimaksudkan untuk memberikan salah satu solusi bagaimana pengenalan pelajaran sejarah, khususnya peninggalan sejarah di Indonesia kepada anak-anak usia Sekolah Dasar kelas V yang menarik dan tidak membosankanPenelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), karena metode ini dapat mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan Untuk metode pengembangan sistem peneliti menggunakan metode prototipe yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Multimedia pembelajaran tentang ilmu pengetahuan sosial yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mempelajari ilmu pengetahuan sosial yang menarik bagi siswa sekolah dasar kelas 5. Dalam multimedia terdapat animasi animasi yang di sukai oleh Siswa Sekolah Dasar sehingga anak lebih tertarik belajar lewat multimedia dibanding hanya lewat buku paket saja.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:53
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11160

    Actions (login required)

    View Item