RICKY, FERERRA (2012) APLIKASI INFORMASI TAGIHAN LISTRIK PT PLN (PERSERO) BERBASIS SMS GATEWAY(STUDI KASUS DI AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SALATIGA). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Mulanya besarnya biaya tagihan listrik masyarakat hanya bisa diketahui pada saat pembayaran. Biasanya pelanggan harus datang langsung ke tempat pembayaran resmi PLN, hal itu sangat tidak efisien dari segi tenaga dan waktu. Kemudian muncul sistem online dimana masyarakat dapat mengakses besarnya tagihan. Akan tetapi, tidak semua pelanggan mengerti atau biasa menggunakan internet. Aplikasi informasi tagihan listrik berbasis sms gateway dinilai lebih mudah dan bisa dimanfaatkan semua kalangan dibandingkan pengecekan tagihan listrik via online. Pelanggan mengirimkan pesan sesuai dengan format yang telah ditentukan. Setelah sms dikirimkan, maka pelanggan akan mendapatkan balasan otomatis berupa rincian jumlah tagihan yang harus dibayar pada bulan tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Pengembangan SDLC (System Development Life Cycle) dengan metode model prototipe. Metode tersebut menguraikan aktivitas-aktivitas dan produk-produk yang dihasilkan pada masing-masing tahap pengembangan. Desain sistem informasi meliputi format pengiriman sms dan pesan balasannya. Sedangkan desain untuk halaman admin mulai dari manajemen admin, manajemen pelanggan, input tagihan, pesan masuk, serta pesan keluar. Dengan demikian diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi tagihan listrik PT PLN (Persero).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:57 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 19:13 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11222 |
Actions (login required)
View Item |