UDiNus Repository

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA DENGAN METODE LUTHER SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA N 2 BAE KUDUS

ROKHMAN, WAHYUDI (2012) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA DENGAN METODE LUTHER SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA N 2 BAE KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4004b) | Preview

    Abstract

    Proses pembelajaran yang baik akan terwujud apabila guru bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan siswa dapat menerima dengan baik pula. Hal tersebut dapat terwujud apabila didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Contoh kasus adalah proses pembelajaran untuk mata pelajaran biologi di SMA 2 Bae Kudus. Untuk bab Sistem Gerak Pada Manusia, penyampaiannya masih menggunakan cara konvensional. Dalam bab tersebut, terdapat materi tentang rangka manusia, sendi, otot, serta gangguan pada sistem gerak manusia. Materi tersebut membutuhkan simulasi pada bahasan tipe-tipe persendian, gerak karena adanya persendian dan lainnya. Maka, agar materi tersampaiakan dengan baik, dibutuhkan alat bantu simulasi misalnya sendi buatan yang bisa digerakkan. Permasalahannya adalah guru sulit untuk menjelaskan materi yang membutuhkan simulasi karena alat bantu yang digunakan hanya untuk menunjukkan bagian-bagian tulang dan sendi saja. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan alat bantu berupa multimedia pembelajaran. Materi dalam Sistem Gerak Pada Manusia yang membutuhkan simulasi dapat diperlihatkan dengan menggunakan simulasi yang ada dalam multimedia pembelajaran. Pada akhirnya multimedia pembelajaran sistem gerak pada manusia dapat mempermudah guru dalam menyampaiakan materi yang membutuhkan simulasi dan digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SMA 2 Bae Kudus.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:57
    Last Modified: 18 Nov 2014 19:09
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11226

    Actions (login required)

    View Item