MELLIYASYA, QORINALLAILY (2012) Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis dan Penjualan Suku Cadang Motor Pada Bengkel Sri Rejeki. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Bengkel Sri Rejeki merupakan suatu usaha yang bergerak pada bidang pelayanan service motor. Didalam melakukan transaksi pelayanan service masih dicatat dalam bentuk nota, dalam mengolah data dan pembuatan laporannya sering mengalami ketidakakuratan data dan keterlambatan dalam penyampaian informasi data. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti bermaksud memecahkan masalah yang di hadapi di Bengkel Sri Rejeki ini. Oleh karena itu dibutuhkan. Dalam pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi pelayanan service ini metode pendekatan terstruktur yaitu metode prototype dimana teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu wawancara, survey dan dokumentasi. Untuk metode pengembangan menggunakan metode terstruktur dengan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan seperti diagram konteks, dan data flow diagram. Bahasa pemograman yang digunakan dalam merancang dan mengimplementasikan sistem informasi simpan pinjam adalah visual basic 6.0 dan database yang digunakan adalah SQLyog. Hasil dari penelitian di Bengkel Sri Rejeki, dapat dibuat kesimpulan bahwa dengan dibangunnya sistem informasi pelayanan jasa servis diharapkan dapat membantu petugas dalam mengelola data konsumen, data permintaan servis, dan data permintaan barang lebih cepat dan dapat mengurangi kesalahan dalam proses pencatatan data serta mengurangi kesalahan dalam penyampaian laporan.
Actions (login required)