YUNITA, SARI KEMALA (2012) wayang virtual pada aplikasi touchscreen sebagai media pembelajaran dalang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Wayang merupakan kesenian asli indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan internasional dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2003. Namun dalam perkembangannya wayang kalah populer dibandingkan dengan batik. Wayang masih belum menjadi dilestarikan dengan baik di Indonesia. Hal ini terbukti dari rendahnya minat generasi muda dalam menekuni dunia perwayangan di Indonesia pada umumnya dan di pulau Jawa pada khususnya. Survey Adinata Harlan menunjukkan bahwa 100% responden menyetujui sulitnya menemukan media-media yang berkaitan dengan wayang. Hal tersebut menjadi salah satu faktor utama yang membuat minat masyarakat terhadap wayang masih rendah. Upaya pelestarian wayang membutuhkan media yang tepat untuk menarik minat masyarakat. Media yang dipublikasikan secara bertahap dan dapat di akses oleh masyarakat Indonesia dengan mudah. Laporan Tugas Akhir ini membahas bagaimana membuat media yang dapat digunakan untuk mempelajari wayang sehingga dapat menarik minat masyarakat luas. Media yang akan digunakan berupa permainan sebagai dalang dalam pementasan yang disebut dengan “Wayang Virtual". Wayang virtual berisi urutan adegan yang meliputi dhodogan, sulukan, gamelan dan babagan. Aplikasi di wayang virtual terdiri dari 2 macam permainan, yang pertama adalah menirukan nada dan text yang keluar pada layar. Yang kedua memainkan gerakan wayang kulit sehingga seolah-olah kita menjadi dalang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:04 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 15:36 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11459 |
Actions (login required)
View Item |