UDiNus Repository

wayang virtual pada aplikasi touchscreen sebagai media pembelajaran dalang

YUNITA, SARI KEMALA (2012) wayang virtual pada aplikasi touchscreen sebagai media pembelajaran dalang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Wayang merupakan kesenian asli indonesia yang sudah mendapatkan pengakuan internasional dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia sejak tahun 2003. Namun dalam perkembangannya wayang kalah populer dibandingkan dengan batik. Wayang masih belum menjadi dilestarikan dengan baik di Indonesia. Hal ini terbukti dari rendahnya minat generasi muda dalam menekuni dunia perwayangan di Indonesia pada umumnya dan di pulau Jawa pada khususnya. Survey Adinata Harlan menunjukkan bahwa 100% responden menyetujui sulitnya menemukan media-media yang berkaitan dengan wayang. Hal tersebut menjadi salah satu faktor utama yang membuat minat masyarakat terhadap wayang masih rendah. Upaya pelestarian wayang membutuhkan media yang tepat untuk menarik minat masyarakat. Media yang dipublikasikan secara bertahap dan dapat di akses oleh masyarakat Indonesia dengan mudah. Laporan Tugas Akhir ini membahas bagaimana membuat media yang dapat digunakan untuk mempelajari wayang sehingga dapat menarik minat masyarakat luas. Media yang akan digunakan berupa permainan sebagai dalang dalam pementasan yang disebut dengan “Wayang Virtual". Wayang virtual berisi urutan adegan yang meliputi dhodogan, sulukan, gamelan dan babagan. Aplikasi di wayang virtual terdiri dari 2 macam permainan, yang pertama adalah menirukan nada dan text yang keluar pada layar. Yang kedua memainkan gerakan wayang kulit sehingga seolah-olah kita menjadi dalang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:04
    Last Modified: 18 Nov 2014 15:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11459

    Actions (login required)

    View Item