UDiNus Repository

PENERAPAN METODE CTL PADA MEDIA PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN PART OF SPEECH BERBASIS CAI

LISA, PERMATASARI (2012) PENERAPAN METODE CTL PADA MEDIA PEMBELAJARAN GRAMMAR BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN PART OF SPEECH BERBASIS CAI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4043b) | Preview

    Abstract

    Pengajaran yang terkesan membosankan mengakibatkan minat belajar siswa mengalami penurunan. Berawal dari hal tersebut, pembelajaran dengan menggunakan multimedia atau berbantuan komputer (CAI/Computer Aided Instruction) yang menggabungkan berbagai unsur media seperti suara, animasi, teks, gambar dan video yang dikemas didalam satu wadah yang bersifat interaktif, kreatif dan menyenangkan, dianggap dapat mengangkat daya tarik dan minat belajar siswa. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran dengan menerapkan metode CTL (Contextual Teaching Learning) pada media pembelajaran grammar bahasa Inggris pokok bahasan part of speech menggunakan Adobe Flash Cs3 dan memberikan alternatif pembelajaran untuk membantu siswa dalam proses belajar melalui metode CAI atau multimedia. Metode penelitian yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan aplikasi multimedia (Luther) yang meliputi konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Diharapkan aplikasi pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai aplikasi bantu untuk para guru dalam proses pengajaran, dengan tujuan para siswa-siswi setingkat Sekolah Menengah Atas agar tidak merasa jenuh dan monoton dalam pelajaran Bahasa Inggris.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:04
    Last Modified: 18 Nov 2014 15:26
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11471

    Actions (login required)

    View Item