UDiNus Repository

Analisa Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Untuk Proses Pengelolaan Data (DS11) Pada Kantor Pos Kudus

TITIEN, SUKAMTO SUHARTINI (2012) Analisa Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Untuk Proses Pengelolaan Data (DS11) Pada Kantor Pos Kudus. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4053b) | Preview

    Abstract

    Pemenuhan kebutuhan akan sistem informasi bagi semua jenis organisasi dengan berbagai jenis aktivitas bisnis, menyebabkan perkembangan keragaman sistem informasi yang begitu pesat. Tidak terkecuali pada Kantor Pos Kudus. Keragaman sistem dan data yang ada pada Kantor Pos Kudus harus selalu dalam pengawasan dan kendali untuk mencegah terjadinya kesalahan juga untuk membantu manajemen dalam mengelola organisasi guna mencapai tujuannya. Teknik pengendalian terbaik adalah dengan melakukan audit sistem informasi. Analisa tata kelola teknologi informasi dengan cara audit sistem informasi pada Kantor Pos Kudus difokuskan pada proses pengelolaan data. Metode audit menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 dengan fokus pada domain Deliver and Support, memilih DS11 Manage Data (Pengelolaan Data) sebagai control objectives yang berisi 6 (enam) detailed control objectives. Penelaahan dokumen, observasi, wawancara, pembagian kuisioner, serta analisa basis data dan jaringan dilakukan sebagai metode pengumpulan data. Hasil audit sistem informasi ini menerangkan seberapa baik kepedulian manajemen (Management Awareness) dalam mengelola data serta mengetahui sampai dimana tingkat model kematangan (Maturity Model) yang dimiliki Kantor Pos Kudus dalam proses pengelolaan datanya, serta menentukan usulan perbaikan untuk meningkatkan level kematangan menjadi lebih baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:08
    Last Modified: 18 Nov 2014 12:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11643

    Actions (login required)

    View Item