UDiNus Repository

Analisa Perbandingan kinerja algoritma klasifikasi data mining untuk prediksi nasabah bank yang berpotensi membuka simpanan deposito berjangka

ABBIE, PRADIBYO DWI (2013) Analisa Perbandingan kinerja algoritma klasifikasi data mining untuk prediksi nasabah bank yang berpotensi membuka simpanan deposito berjangka. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3698b) | Preview

    Abstract

    Pada saat ini persaingan perbankan memasuki masa persaingan yang kompetitif menyebabakan bank berlomba untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya melalui berbagai macam produk perbankan. Produk tersebut akan percuma apabila tidak didampingi dengan promosi produk yang baik. Promosi akan berjalan dengan efesien,efektif apabila perbankan melakukan promosi terarah pada suatu konsumen.Hal tersebut dapat dilaksanakn dengan Data mining,tapi tidak cukup itu karena algoritma Data Mining banyak berkembang saat ini maka perlu dilakukan perbandingan kinerja sehingga data yang diperoleh adalah algoritma yang paling akurat untuk prediksi nasabah yang berpotensi.Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan algoritma data mining klasifikasi yaitu C4.5 Decision trees, Naive Bayes yang digunakan untuk menyelesaikan masalah promosi tersebut. Kemudian Hasil dari proses klasifikasi dievaluasi dengan menggunakan cross validation, confusion matrix, ROC Curve untuk mengetahui algoritma klasifikasi data mining yang paling akurat untuk klasifikasi nasabah yang berpotensi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:12
    Last Modified: 18 Nov 2014 06:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11774

    Actions (login required)

    View Item