AMALIA, SARASWATI (2013) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PELESTARIAN KAIN BATIK TRADISIONAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Keberadaan kain batik tradisional di Indonesia tidak dapat terlepas dari kehidupan masyarakatnya. Penggunaannya pun sudah lebih meluas dengan dikenakan tidak hanya pada saat acara penting saja namun juga pada kegiatan sehari-hari. Namun, di tengah antusias masyarakat dalam mengenakan batik, justru kain batik tradisional kurang diminati. Hal tersebut dikarenakan harga kain batik yang masih relatif tinggi serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kain batik tradisional tersebut. Dalam upaya meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional dan lebih mengerti perbedaan antara kain batik dan tekstil motif batik, dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pembuatan iklan layanan masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan iklan sosial yang bertujuan kepentingan layanan masyarakat, berupa suatu himbauan/ ajakan tingkah laku tertentu dengan harapan munculnya tambahan pengetahuan, kesadaran sikap, dan perubahan perilaku masyarakat. Iklan layanan masyarakat yang penulis rancang ditujukan di wilayah kota Semarang dengan rentan usia 18-25 tahun.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif yaitu berupa wawancara dan studi pustaka.Hasil perancangan dari tugas akhir ini adalah iklan layanan masyarakat tentang pelestarian batik tradisional dengan menggunakan media cetak berupa komik, poster, dan beberapa media pendukung lainnya.
Actions (login required)