ARINDRA, TAMA PUTRA (2013) PERANCANGAN IKLAN KOPI LUWAK JEPARA ARABIKA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Sebagai kopi termahal di dunia, kopi luwak menjadi komoditas eksport yang menjanjikan. Akibatnya banyak industri pengolah biji kopi yang lebih memilih menjual produknya keluar negeri dan seperti mengabaikan potensi pasar dalam negeri padahal minat masyarakat terhadap produk kopi luwak semakin meningkat. Melirik peluang tersebut, Kopi Luwak Jepara meluncurkan Kopi Luwak Jepara Arabika sebagai upaya untuk memenuhi permintaan pasar nasional yang tinggi. Perancangan iklan ini berupaya mengenalkan Kopi Luwak Jepara Arabika kepada masyarakat sebagai salah satu olahan biji kopi terbaik asal Indonesia dengan harga yang terjangkau. Penetapan strategi kreatif menggunakan SWOT dan 5w+1H untuk mencapai efektivitas karakteristik pasar serta marketing melalui media-media yang efektif. Perancangan ini secara komprehensif terdiri dari iklan surat kabar, iklan majalah, billboard, poster, brosur, x-banner, spanduk, papan informasi di jalan raya, kaos, kalender, jam dinding, paper bag, stiker, gantungan kunci, website, dan kaca belakang bus. Melalui perancangan iklan ini, pesan iklan berusaha merubah mindset masyarakat bahwa kopi luwak tidak hanya mampu dinikmati masyarakat mancanegara maupun masyarakat kelas atas saja. Sehingga diharapkan Kopi Luwak Jepara Arabika dapat diminati oleh masyarakat dari mancanegara maupun dari lingkup nasional.
Actions (login required)