RADITYA, PAMUNGKAS (2013) Perancangan Komunikasi Visual Branding Band Indie The Lastree dalam Album “Happy and Sad”. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
The Lastree, adalah band yang mengusung Aliran Indie Pop ala 80’an dengan sentuhan Britpop dan New Wave yang telah menapaki karirnya sejak 2008. The Lastree sendiri terdiri dari (Indra : Gitar1, Dito : Gitar2, Gio : Bass, Sherly : Vokal, Ano : Drum), mereka menyatukan visi misi untuk kemudian membentuk band The Lastree dengan genre indie pop. Dengan perkembangan musik indie, para musisi indie pun berlomba-lomba untuk membuat sebuah album ataupun EP untuk memperkenalkan musik/idealisasi mereka dalam bermusik. Demikian pula dengan The Lastree yang sudah mantap dengan materi albumnya, dan ingin memperkenalkan musik/idealisasi mereka dalam bermusik akhirnya akan mengeluarkan sebuah album yang berjudul “Happy and Sad”. Perencanaan yang dilakukan adalah merancang promosi, memperkenalkan produk (album baru), dan meng-awareness dengan media komunikasi visual yang tepat dan sesuai dengan target audience. Perancangan membentuk sebuah branding untuk album baru tersebut, yang berfungsi membuat sebuah differensiasi dibanding kompetitor sehingga dapat terlihat dan dirasakan menonjol dibanding kompetitor. Kegiatan promosi periklanan yang dilakukan adalah iklan visual dengan pilihan media poster dan booklet sebagai media utama dan media pendukung lainnya seperti preview album, video present, perencanaan event, media online (direct mail, dan social media), mini x-banner , x-banner, merchandise. Melalui perancangan komunikasi visual, branding ini album baru The Lastree “Happy and Sad” menjadikan album tersebut memiliki diferensiasi sehingga dapat terlihat dan dirasakan menonjol dibanding yang lain dan paling diingat audiensinya (tingkat reminding-nya tinggi), dan lebih mudah untuk meng-awareness target audience dalam mengenalkan dan mempromosikan album tersebut.
Actions (login required)