ZAENAL, ABIDIN (2014) Aplikasi Sistem Pengaduan Online Untuk Meningkatkan Efektifitas Penanganan Layanan Konsumen. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4061b) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis teknologi dari waktu ke waktu yang semakin ketat. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk membangun sistem pengaduan online untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses pengaduan sistem manual dengan sistem online yang dilakukan konsumen yang ada. Serta merancang hasil evaluasi sistem lama dengan sistem baru yang didukung dengan aplikasi pengaduan online dan penulis ingin menentukan efektifitas Aplikasi Sistem Pengaduan Online (ASPO) terhadap penanganan layanan konsumen pada CV. Multi Dibi Telecom Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Multi Dibi Telecom Kudus pada tahun 2013, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dipergunakan untuk mengungkap efektifitas penerapan aplikasi sistem pengaduan online (ASPO) di CV. Multi Dibi Telecom Kudus. Subjek penelitian ini adalah Pemimpin Perusahaan, Pegawai dan Konsumen perusahaan. Instrumen yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah : kuesioner, lembar observasi dan pedoman wawancara. Dari penelitian ini memperoleh hasil analisis setelah melakukan pengujian menggunakan Uji Mann-Whitney. Pengujian hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa nilai Mean Rank sebesar 75.49 menunjukkan bahwa aplikasi sistem pengaduan online (ASPO) efektif terhadap penanganan layanan konsumen. Sedangkan sisanya sebesar 25.51 menunjukkan pengaduan manual.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2014 15:27 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12861 |
Actions (login required)
View Item |