UDiNus Repository

ANALISIS DATA MINING MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI BISNIS PADA RESTORAN ULAM SARI KUDUS

MASDA, MEGAPANA VIDIA (2014) ANALISIS DATA MINING MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI BISNIS PADA RESTORAN ULAM SARI KUDUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (78Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3643b) | Preview

      Abstract

      Data mining merupakan sebuah proses untuk menganalisis sekumpulan data yang dapat menghasilkan sebuah pengetahuan atau informasi baru sebagai alat pendukung pengambilan keputusan. Dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menerapkan metode Association Rule sebagai salah satu fungsi data mining untuk menemukan pola dan aturan (rules) dari serangkaian himpunan data menggunakan algoritma Apriori. Metode ini diterapkan pada Restoran Ulam Sari Kudus dengan menganalisis sekumpulan data yang tersimpan di dalam data transaksi. Penerapan metode ini dilakukan dengan cara mengintegrasikan fitur analisis keranjang pasar ke dalam sebuah aplikasi. Penentuan pola dan aturan pada metode Association rule dilakukan dengan menentukan nilai support dan confidence yang dihasilkan dari proses pengenalan pada data transaksi. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh manager sebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis pada Restoran Ulam Sari Kudus.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:45
      Last Modified: 16 Nov 2014 14:50
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12881

      Actions (login required)

      View Item