UDiNus Repository

Analisa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Studi Kasus Pengenalan Angka pada Anak TK Mekar Budi Demak

ABDULLAH, FAIZ (2014) Analisa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Studi Kasus Pengenalan Angka pada Anak TK Mekar Budi Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (179Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Salah satu bahan ajar yang diberikan kepada siswa yang diajarkan di taman kanak-kanak adalah pengenalan angka. Materi tersebut membahas tentang bentuk angka, pelafalan nama angka dan urutan angka. Daya tangkap siswa dalam memahami materi pembelajaran berbeda-beda. Metode pembelajaran yang konvensional terkadang memberikan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran karena metode tersebut hanya menghafalkan catatan berupa tulisan. Dengan demikian diperlukan sebuah metode pembelajaran yang menarik dan interaktif dengan menggunakan augmented reality yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam proses belajar dan memberikan solusi bagi guru untuk memberikan bahan ajar yang menarik serta interaktif sehingga mempermudah siswa dalam belajar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa (pendamping siswa) Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase.Hasil uji pretest dan post test menunjukan pemahaman pengenalan angka sebelum diberikan media pembelajaran interaktif dengan augmented reality menunjukkan kategori sedang (56%). Pemahaman pengenalan angka setelah diberikan media pembelajaran interaktif dengan augmented reality menunjukkan kategori Tinggi (73%). Ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman pengenalan angka sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa media pembelajaran interaktif pengenalan angka dengan augmented reality, dimana terjadi peningkatan pemahaman media pembelajaran interaktif pengenalan angka dengan augmented reality setelah diberikan perlakuan. Persentase rata-rata tersebut mengalami peningkatan yaitu sebesar 17% dari kategori sedang (56%) menjadi kategori tinggi (73%). Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif pengenalan angka dengan augmented reality dapat meningkatkan pemahaman pengenalan angka pada anak.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:52
      Last Modified: 16 Nov 2014 08:07
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/13102

      Actions (login required)

      View Item