DENNY, PRADANA (2014) EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI I-POS 4.0.3 MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS PT POS INDONESIA MPC ERLANGGA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
I-POS 4.0.3 merupakan aplikasi utama dalam penyedia layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada PT. Pos Indonesia MPC Semarang yang dibuat berdasarkan dasar proses bisnis kantor MPC ini yaitu Collecting-Processing-Transporting-Delivery-Reporting (C-P-T-D-R). Keberhasilan dalam mencapai sasaran atau tujuan utama organisasi bergantung besar terhadap sistem yang berjalan di dalamnya. Untuk menilai sejauh mana sistem yang berjalan dalam suatu organisasi terkait dengan perlindungan aset, pemeliharaan infrastruktur maupun layanan, sampai dengan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Evaluasi Sistem Informasi merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengukur sebaik apa sistem informasi yang berjalan dalam organisasi tersebut. Pengukuran diambil berdasarkan standar COBIT 4.1 yang meliputi Domain Acquire and Implement (AI) dan Delivery and Support (DS). Hasil dari evaluasi Sistem Informasi I-POS 4.0.3 ini menunjukkan bahwa tata kelola TI yang ada pada PT. Pos Indonesia MPC Semarang sudah berjalan cukup baik. Dari kedua domain dengan mengambil 17 proses dihasilkan rata-rata level kematangan pada angka 2,9 yang masuk dalam kategori level 3-Defined dengan kondisi dari seluruh proses telah didokumentasikan dan telah dikomunikasikan berdasarkan metode pengembangan sistem komputerisasi yang baik, namun belum ada proses evaluasi terhadap proses tersebut, sehingga masih ada kemungkinan terjadinya penyimpangan.
Actions (login required)