FARCHAT, NAWAWI IHSAN (2014) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL BERBASIS MULTIMEDIA PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA PRO 2 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
PRO2 Semarang merupakan salah satu program acara yang dimiliki oleh LPP RRI yang diperuntukkan kepada kaula muda khususnya berumur 12-25 tahun. Perancangan yang dilakukan adalah merancang media berbasis multimedia untuk aplikasi gadget yang lebih di khususkan dalam desain interface yang interaktif dan kreatif, sehingga efisien dalam hal pengenalan PRO2 kepada target audien, karena saat ini banyak anak muda yang memakai gadget sebagai gaya hidup. Komunikasi visual berbasis multimedia adalah aktifitas untuk menyampaikan informasi secara visual tetapi dengan memanfaatkan tehnologi multimedia, sehingga lebih lengkap, tidak hanya menampilkan gambar tetapi juga menampilkan animasi dan suara yang di gabung menjadi satu dalam satu aplikasi. Hal ini dilakukan LPP RRI khususnya PRO2 dalam rangka untuk lebih eksis di masyarakat agar dapat mempengaruhi minat pendengar dalam mendengarkan PRO2 Semarang sehingga juga akan mempengaruhi ratting PRO2 terhadap kompetitor maupun LPP RRI Semarang sendiri selaku pemilik program dengan setasiun LPP RRI yang ada di kota besar lainnya. Menggapai persaingan yang semakin ketat dengan kompetitor, PRO2 mengangkat tren baru yang sedang popular di kalangan masyarakat dan di jadikan sebagai peluang dalam usaha mengenalkan PRO2 kepada masyarakat luas. Komunikasi Visual yang dilakukan adalah dengan merancang aplikasi gadget yang interaktif dan mudah dipahami dalam setiap desain yang dibuat, selain itu juga memanfaatkan media pendukung seperti, desain poster, billboard, banner, web, kaos, folder, mug, pin, stiker. Dalam pengenalan PRO2 menggunakan konsep balon kata yang di bentuk origami, karena selogan dari PRO2 adalah “Suara Kreatifitas”.
Actions (login required)