UDiNus Repository

Program Pendidikan Informal Gratis dan Pembekalan Keterampilan Flanel Guna Meningkatkan Potensi Anak Pinggiran di Kota Kudus

Za’alifa, Masita and Dewara, Brilian Kurniawan and Hakim, Naufal and Susiana, Rinda and Widagdo, Adlan Fadlih (2014) Program Pendidikan Informal Gratis dan Pembekalan Keterampilan Flanel Guna Meningkatkan Potensi Anak Pinggiran di Kota Kudus. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (980Kb) | Preview

    Abstract

    agar dapat diterima oleh orang tua dan disesuaikan dengan kultur didaerah tersebut. Pendampingan terhadap anak dilingkungan pedalaman didaerah tersebut adalah untuk mengenalkan dan menginformasikan berbagai jenis, ciri-ciri, kondisi, penyebab, jenis pendidikan, budi pekerti dan pelayanan terhadap anak dilingkungan tersebut agar dapat bekerjasama untuk mewujudkan pendidikan dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Diselingi dengan keterampilan sebagai penunjang adalah salah satu cara menggali kemampuan dan kreativitas anak akan potensi yang terpendam agar tergali potensinya, dan memiliki bekal agar percayaan diri dan dapat bekerja sama serta senantiasa menghargai setiap perbedaan yang ada. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pendidikan untuk masa depan sebagai anak bangsa. Kegiatan ini dilakasanakan dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) yang mengkombinasikan ketiga gaya belajar (melihat, mendengar, dan bergerak) bagi setiap individu dengan cara memanfaatkan potensi yang telah dimiliki dengan melatih dan mengembangkannya agar semua kebiasaan dan minat belajar mereka terpenuhi. Pembelajaran dengan model ini mementingkan pengalaman belajar secara langsung dan menyenangkan bagi peserta. Pengalaman belajar secara langsung dengan cara belajar dengan mengingat (Visual), belajar dengan mendengar (Auditory), dan belajar dengan gerak dan emosi (Kinestethic). Dengan begitu anak-anak mendapatkan pendidikan selayaknya anak-anak normal lainnya dan yang lebih penting lagi, orangtua akan lebih peduli terhadap pendidikan anaknya. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pada orangtua bahwa setiap anak seharusnya mendapatkan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik yang dimiliki. Selain itu membuka kesempatan untuk setiap anak di komunitas BSE dapat menggali potensinya sedalam mungkin agar potensi yang dimiliki dapat berkembang.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 17 Dec 2014 14:12
    Last Modified: 17 Dec 2014 14:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14144

    Actions (login required)

    View Item