UDiNus Repository

UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENDATAAN DI PANTI ASUHAN EUNIKE SEMARANG MENGGUNAKAN “SI DATA CERDAS” DENGAN APLIKASI PENDATAAN CERDAS BERBASIS DATABASE

Setiawan, Derry and Kristianto, Andy and Ujianti, Desi Hanidya and Alviani, Nur Diyah (2014) UPAYA PENINGKATAN EFEKTIVITAS KEGIATAN PENDATAAN DI PANTI ASUHAN EUNIKE SEMARANG MENGGUNAKAN “SI DATA CERDAS” DENGAN APLIKASI PENDATAAN CERDAS BERBASIS DATABASE. PKM-M.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1546Kb) | Preview

    Abstract

    Panti Asuhan Kristen Eunike Semarang yang merupakan mitra kami merupakan salah satu badan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang seringkali melakukan kegiatan penerimaan, pengeditan, dan pengelolaan data bagi anak asuh yang ditampungnya. Namun bagian pengurus Panti Asuhan Eunike Semarang tersebut saat ini memiliki masalah yang berkaitan dengan pendataan anak asuh yang mereka tampung. Saat ini pengurus Panti Asuhan tersebut hanya melakukan kegiatan penerimaan dan pengelolaan data secara manual secara pencatatan dalam laporan yang ditulis tangan. Kegiatan secara manual yang selama ini dilakukan memiliki beberapa kelemahan. Adapun kelemahan yang mungkin terjadi adalah kurangnya ketelitian dan kurangnya efektivitas waktu dalam melakukan kegiatan pendataan. Hal ini merupakan kendala yang harus dihadapi karena banyak membutuhkan waktu dalam pelayanan dan penyajian data. Kondisi ini tentunya membutuhkan waktu yang relatif lama dalam melakukan kegiatan pendataan.Oleh karena adanya masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem aplikasi yang dapat membantu meningkatkan efektivitas proses pengolahan data serta dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanannya sehingga menghasilkan laporan data yang cepat, tepat, efektif dan lebih efisien. Perancangan sistem pendataan anak tersebut dirancang agar dapat mengolah data secara efektif dan efisien dalam setiap proses penginputan data siswa, data pendidikan maupun data lainnya. Atas pertimbangan itulah maka penulis ingin melakukan pembuatan aplikasi pendataan bagi anak didik di Panti Asuhan Kristen Eunike Semarang. Penulis memiliki harapan dan tujuan untuk membantu meningkatkan efektivitas kegiatan pendataan di Panti Asuhan Eunike Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Program Kreativitas Mahasiswa > Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian kepada Masyarakat
    Divisions: Biro > Biro Kemahasiswaan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 18 Dec 2014 15:02
    Last Modified: 18 Dec 2014 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/14176

    Actions (login required)

    View Item