UDiNus Repository

IMPLEMENTASI METODE THRESHOLDING DAN METODE REGIONPROPS UNTUK MENDETEKSI MARKA JALAN SECARA LIVE VIDEO

CHRISTOPER, PRAMANA JOHAN (2015) IMPLEMENTASI METODE THRESHOLDING DAN METODE REGIONPROPS UNTUK MENDETEKSI MARKA JALAN SECARA LIVE VIDEO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (465Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif memaksa produsen untuk selalu berinovasi terhadap produk ciptaannya. Tingginya tingkat kecelakaan akibat pelanggaran marka jalan membuat para konsumen selalu menuntut untuk mobil yang di gunakannya memiliki sistem keamanan, kemudahan dan kenyamanan yang baik untuknya. Pengendara mobil pemula untuk tipe mobil bermoncong panjang seringkali mengalami kesulitan dalam memposisikan mobil yang dikendarainya untuk dapat berhenti sebelum garis marka. Untuk itu diharapkan pengolahan citra digital dapat ikut mewarnai terhadap majunya teknologi industri otomotif di negeri ini. Beberapa metode dalam pengolahan citra digital seperti metode thresholding dan metode regionprops dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Metode thresholding merupakan salah satu teknik yang segmentasi yang baik digunakan untuk citra dengan perbedaan nilai intensitas yang signifikan antara latar belakang dan objek utama (Katz, 2000) dan metode regionprops adalah metode yang digunakan untuk mengukur sekumpulan properti � properti dari setiap region yang telah dilabeli dalam matriks label. Tugas akhir ini membahas tentang seberapa akurat metode thresholding dan metode regionprops dalam mengidentifikasi marka jalan di saat pagi, siang, sore maupun malam hari dan menghitung jumlah marka yang teridentifikasi. Dengan menggunakan bantuan webcam merk Logitech seri C920 yang di simulasikan sesuai dengan jarak bumper mobil sedan dari tanah setinggi 30 cm dan sudut kemiringan kamera sebesar 55°, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi marka dengan baik dan jelas secara langsung (live video) dan jumlah marka jalan yang telah teridentifikasi dapat dihitung dengan tepat sehingga dapat memudahkan pengendara pemula untuk jenis mobil bermoncong panjang supaya dapat memposisikan mobil yang dikendarainya berada sebelum garis marka jalan sehingga dapat membuat lalu lintas menjadi aman, nyaman, dan lancar.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 02 Mar 2015 11:54
      Last Modified: 02 Mar 2015 11:55
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15014

      Actions (login required)

      View Item