CHRISTOPER, PRAMANA JOHAN (2015) IMPLEMENTASI METODE THRESHOLDING DAN METODE REGIONPROPS UNTUK MENDETEKSI MARKA JALAN SECARA LIVE VIDEO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (465Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif memaksa produsen untuk selalu berinovasi terhadap produk ciptaannya. Tingginya tingkat kecelakaan akibat pelanggaran marka jalan membuat para konsumen selalu menuntut untuk mobil yang di gunakannya memiliki sistem keamanan, kemudahan dan kenyamanan yang baik untuknya. Pengendara mobil pemula untuk tipe mobil bermoncong panjang seringkali mengalami kesulitan dalam memposisikan mobil yang dikendarainya untuk dapat berhenti sebelum garis marka. Untuk itu diharapkan pengolahan citra digital dapat ikut mewarnai terhadap majunya teknologi industri otomotif di negeri ini. Beberapa metode dalam pengolahan citra digital seperti metode thresholding dan metode regionprops dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Metode thresholding merupakan salah satu teknik yang segmentasi yang baik digunakan untuk citra dengan perbedaan nilai intensitas yang signifikan antara latar belakang dan objek utama (Katz, 2000) dan metode regionprops adalah metode yang digunakan untuk mengukur sekumpulan properti � properti dari setiap region yang telah dilabeli dalam matriks label. Tugas akhir ini membahas tentang seberapa akurat metode thresholding dan metode regionprops dalam mengidentifikasi marka jalan di saat pagi, siang, sore maupun malam hari dan menghitung jumlah marka yang teridentifikasi. Dengan menggunakan bantuan webcam merk Logitech seri C920 yang di simulasikan sesuai dengan jarak bumper mobil sedan dari tanah setinggi 30 cm dan sudut kemiringan kamera sebesar 55°, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi marka dengan baik dan jelas secara langsung (live video) dan jumlah marka jalan yang telah teridentifikasi dapat dihitung dengan tepat sehingga dapat memudahkan pengendara pemula untuk jenis mobil bermoncong panjang supaya dapat memposisikan mobil yang dikendarainya berada sebelum garis marka jalan sehingga dapat membuat lalu lintas menjadi aman, nyaman, dan lancar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 02 Mar 2015 11:54 |
Last Modified: | 02 Mar 2015 11:55 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15014 |
Actions (login required)
View Item |