UDiNus Repository

Penerapan metode clustering K-Means untuk mengukur tingkat kedisiplinan siswa di SMK Perikanan Nusantara Demak

KRISNA, PAHLEVI (2015) Penerapan metode clustering K-Means untuk mengukur tingkat kedisiplinan siswa di SMK Perikanan Nusantara Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (238Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3506b) | Preview

      Abstract

      Tugas Akhir bertujuan untuk menentukan nilai kedispilinan Siswa SMK Perikanan Nusantara Demak. Penilaian kedispilinan siswa ini dilakukan dengan dikelompokan menggunakan metode K-Means Clustering dengan software rapidminer. Dengan adanya penentuan nilai kedisplinan ini dapat membantu pihak sekolah terutama guru Bimbingan dan Konseling dalam mengetahui kelompok siswa dan menetukan nilai berdasarkan tingkat kedispilinan dalam menangani siswa yang tidak mentaati atau melanggar peraturan sekolah. Keluaran dari proses penilaian kedisplinan siswa ini adalah daftar data siswa yang berisi hasil penilaian kedisplinan siswa. Untuk contoh pengolahan penulis mengambil data sebanyak 25 siswa dengan membagi 3 kelompok yaitu Disipilin, Cukup Disiplin, dan Kurang DiSiplin. Dari penelitian ini didapatkan 4 siswa termasuk kelompok kurang disiplin, 15 siswa termasuk kelompok cukup disiplin dan 6 siswa termasuk kelompok sangat disiplin.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 29 Apr 2015 14:08
      Last Modified: 29 Apr 2015 14:08
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15280

      Actions (login required)

      View Item