KRISNA, PAHLEVI (2015) Penerapan metode clustering K-Means untuk mengukur tingkat kedisiplinan siswa di SMK Perikanan Nusantara Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (238Kb) | Preview | |
| PDF Download (3506b) | Preview |
Abstract
Tugas Akhir bertujuan untuk menentukan nilai kedispilinan Siswa SMK Perikanan Nusantara Demak. Penilaian kedispilinan siswa ini dilakukan dengan dikelompokan menggunakan metode K-Means Clustering dengan software rapidminer. Dengan adanya penentuan nilai kedisplinan ini dapat membantu pihak sekolah terutama guru Bimbingan dan Konseling dalam mengetahui kelompok siswa dan menetukan nilai berdasarkan tingkat kedispilinan dalam menangani siswa yang tidak mentaati atau melanggar peraturan sekolah. Keluaran dari proses penilaian kedisplinan siswa ini adalah daftar data siswa yang berisi hasil penilaian kedisplinan siswa. Untuk contoh pengolahan penulis mengambil data sebanyak 25 siswa dengan membagi 3 kelompok yaitu Disipilin, Cukup Disiplin, dan Kurang DiSiplin. Dari penelitian ini didapatkan 4 siswa termasuk kelompok kurang disiplin, 15 siswa termasuk kelompok cukup disiplin dan 6 siswa termasuk kelompok sangat disiplin.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 14:08 |
Last Modified: | 29 Apr 2015 14:08 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/15280 |
Actions (login required)
View Item |