ADHIE, FATHUROHMAN (2015) Perancangan media kampanye batik semarangan sebagai upaya memperkenalkan batik lokal di kota semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Batik telah menjadi salah satu ikon budaya yang secara turun temurun telah diwariskan oleh nenek moyang dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai budaya asli Indonesia. Batik merupakan asset bangsa yang harus dijaga agar tidak punah oleh zaman. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki corak dan motif batiknya tersendiri, tak terkecuali Kota Semarang. Kota semarang yang selama ini dikenal sebagai kota dagang dan bisnis tenyata memiliki keindahan corak dan motif batik sendiri, yang dinamakan Batik Semarangan. Batik semarangan merupakan salah satu batik pesisir, corak dan motifnya memiliki folosofi yang berhubungan dengan sejarah kota semarang seperti, motif asem arang dan motif laksamana Cheng Ho. Walaupun popularitas batik di Indonesia sedang meningkat, akan tetapi kesadaran masyarakat khususnya remaja kota semarang akan adanya batik semarangan masih rendah. Kurangnya perhatian masyarakat terhadap batik semarangan ini dapat menjadi dampak yang kurang baik. Mereka menjadi seperti tidak mengetahui adanya batik lokal tersebut dan cenderung cuek. Hal ini perlu di tanggulangi dengan melakukan hal-hal kecil sebagai bentuk pengenalan akan batik lokal. Kampanye Batik Semarangan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan Batik semarangan sebagai upaya memperkenalkan batik lokal, sekaligus menanamkan rasa cinta batik Semarangan kepada remaja usia 16-22 tahun. Pembuatan kampanye ini diharapkan mempengaruhi minat remaja terhadap batik Semarangan.
Actions (login required)