ANDIKA, WISDIANTORO BUDHI (2015) REKAYASA E-GAMELANKU SINGLE USER MODE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENABUH GENDHING KETAWANG JAWA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (970Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Gamelan merupakan alat musik tradisional Jawa yang saat ini mulai terlupakan dan hampir punah keberadaannya, hampir sebagian besar orang tidak tau apa itu gamelan jenis, maupun bentuk dari gamelan itu sendiri. Remaja saat ini kurang mengenal apa itu gamelan. Remaja saat ini lebih tertarik kepada paduan suara, boy/girl band yang diusung oleh negara asing. Gending Ketawang Jawa merupakan salah satu Gending atau lagu yang jarang diketahui. Gendhing ini merupakan Gendhing yang iramanya dikatakan “Sareh” dalam bahasa Jawa. Yang berarti santai, tidak tergesa-gesa dalam bahasa Indonesia. Menurut Ki Slamet Widodo,S.E Gendhing ini biasanya lebih mudah digunakan dalam proses pelatihan dalam menabuh gamelan. Masalahnya pelatihan gamelan yang ada masih menggunakan metode kuno, membosankan dan kurang menarik minat para remaja dalam mempelajari cara menabuh gamelan. Maka dari itu perlu dibentuklah sebuah media pembelajaran yang mampu mengenalkan dan menjadi alternatif dalam proses pelatihan dalam menabuh gamelan yang baik sebagai wujud upaya pelestarian budaya khususnya Jawa. Dalam laporan ini akan dibahas cara membuat media pembelajaran gamelan dan efek dari pelatihan gamelan dengan media pembelajaran ini. Dengan metode SDLC dalam pengembangan dan metode Uji peringkat bertanda Wilcoxxon yang nanti akan dilakukan sebagai upaya dalam pembuatan media pembelajaran alternatif dalam mengenali Gamelan budaya asli Indonesia Khususnya Jawa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:12 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:12 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16695 |
Actions (login required)
View Item |