RIZQA, FAUZI FITRI (2015) Aplikasi Android Pelayanan Perbaikan Kebocoran di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pelayanan air bersih merupakan salah satu jenis pelayanan publik yang akan menjadi fokus perbaikan, karena dinilai sering menimbulkan permasalahan yang berpengaruh pada aktivitas masyarakat. Hampir seluruh aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan air bersih, terutama pada kebutuhan rumah tangga. Namun, terkadang sering terjadi kebocoran pipa yang menyebabkan terganggunya pasukan air kepada pelanggan PDAM yang mengharuskan PDAM untuk melakukan manajemen pengelolaan dan perawatan perbaikan dengan baik. Keberhasilan manajemen didukung oleh penyelenggaraan pelayanan khususnya pada unit pelayanan, yang menjadi tempat terjadinya komunikasi langsung antara masyarakat dengan PDAM sebagai penyelenggara pelayanan. Selain itu, keberadaan posisi pegawai lapangan juga sangat membantu dalam proses perbaikan kerusakan karena lokasi membantu mempercepat kinerja penanganan kerusakan. Unit pelayanan air bersih yang menjadi kajian adalah unit pelayanan PDAM pusat Tirta Moedal Kota Semarang. Unit ini mengalami keterbatasan penanganan perbaikan pipa, namun masih terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan air bersih di daerah pelayanannya melalui perbaikan manajemen pelayanan. Pemberian insentif ini berupa pemberian hadiah (reward) dan sanksi (punishment). Melalui hal ini pegawai dipacu untuk mengoptimalkan potensinya agar terus cepat bertindak untuk meningkatkan pelayanannya. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini, beberapa inovasi terus dicoba untuk dikembangkan oleh PDAM guna mengevaluasi upaya-upaya yang sebelumnya telah dilakukan dalam meningkatkan pelayanan. Untuk memberikan pelayanan yang optimal, maka diperlukan suatu pengembangan suatu sistem aplikasi berbasis android yang sedang berkembang di era sekarang yang lebih baik.
Actions (login required)