UDiNus Repository

PENERAPAN METODE ASOSIASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI KOMBINASI ANTAR ITEMSET PADA PONDOK KOPI

FITRI, NURCHALIFATUN (2015) PENERAPAN METODE ASOSIASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI KOMBINASI ANTAR ITEMSET PADA PONDOK KOPI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (79Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3805b) | Preview

      Abstract

      Inventory merupakan salah satu aspek penting dalam suatu perusahaan. Lokasi Pondok Kopi yang sulit dijangkau membuat aktivitas distribusi bahan inventory menjadi kurang lancar. Untuk itu, sebelumnya perlu melakukan perencanaan inventory dengan baik, sebab inventory yang tidak mencukupi juga mempengaruhi tingkat penjualan. Untuk mengetahui kebutuhan inventory, dapat dilakukan analisis pasar untuk mencari tahu serangkaian item-item apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh para konsumen melalui data transaksi. Dengan penerapan metode Market Basket Analysis (MBA) dan algoritma Apriori, dapat dilakukan analisis pada data transaksi sehingga menemukan informasi mengenai pola beli konsumen dan direpresentasikan dalam bentuk aturan asosiasi. Berdasarkan data transaksi penjualan pada Pondok Kopi, dilakukan analisis menggunakan algoritma apriori dengan parameter minimum support sebesar 5% dan minimum confidence sebesar 30%. Hasil dari penelitian tersebut menghasilkan 7 aturan asosiasi dengan kombinasi item terbesar sampai 2-itemset.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16842

      Actions (login required)

      View Item