UDiNus Repository

PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI PENGARUH BURUK MAKANAN MANIS BAGI KESEHATAN GIGI ANAK SEKOLAH DASAR USIA 7-12 TAHUN DI KOTA SEMARANG

LAILA, RIDA NOFA (2015) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI PENGARUH BURUK MAKANAN MANIS BAGI KESEHATAN GIGI ANAK SEKOLAH DASAR USIA 7-12 TAHUN DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (34Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perancangan iklan layanan masyarakat tentang sosialisasi pengaruh buruk makanan manis bagi kesehatan gigi anak ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Semarang terutama anak Sekolah Dasar untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mengurangi konsumsi makanan manis karena tidak hanya berdampak pada gigi namun dalam jangka panjang jika mengkonsumsi gula berlebihan maka akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Sampai saat ini masih banyak anak yang mengalami masalah kesehatan pada gigi karena berbagai macam alasan. Oleh sebab itu dibutuhkan Iklan Layanan Masyarakat yang diharapkan dapat membantu masyarakat Kota Semarang untuk memberikan informasi melalui berbagai media. Media tersebut dipilih sesuai dengan kebutuhan agar tepat pada sasaran. Untuk memperoleh media tersebut diperlukan adanya penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data berupa catatan lapangan dan juga kalimat yang diperoleh dari hasil wawancara. Serta menggunakan metode analisis framing karena melalui pendekatan ini dapat diketahui penyebab permasalahan, cara penanggulangan masalah, prediksi penanggulangan serta evaluasi moral penilaian atas penyebab masalah dan hasil akhir berupa statement. Media yang digunakan dalam perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini meliputi media lini atas (ATL) dan media lini bawah (BTL) dengan media utama yaitu poster dan media pendukung seperti spanduk, X-Banner, stiker, buku catatan dan media lainnya yang sesuai dengan target audiens yang dibidik. Dengan adanya Iklan Layanan Masyarakat ini diharapkan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target audiens hingga timbul reaksi untuk selalu teratur membersihkan gigi setiap hari.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16902

      Actions (login required)

      View Item