NUR, LAILA (2015) Perancangan Game Edukasi Tentang Doa Aktivitas Sehari-hari untuk Anak Usia 7-10 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Doa merupakan salah satu perintah Allah SWT, yang merupakan ibadah di mana terkandung nilai-nilai agama atau pesan moral di dalamnya. Akan tetapi, di Indonesia banyak anak-anak yang belum dapat menghafal doa aktivitas sehari-hari, oleh karena beberapa faktor, seperti; tidak efektifnya pengenalan doa aktivitas sehari-hari dalam mata pelajaran agama islam. Oleh karena itu dibutuhkan adanya sebuah media baru yang dapat membantu anak dalam menghafal doa aktivitas sehari-hari. Tujuan dari perancangan game ini yaitu memudahkan anak dalam menghafal doa aktivitas sehari-hari untuk kelanjutan hidup kedepannya. Melalui penelitian dengan metode kualitatif yang dilakukan ditemukan bahwa masalah yang paling mendasar adalah banyaknya anak yang keliru dalam melafadzkan doa aktivitas sehari-hari, bahkan beberapa di antara mereka tidak hafal. Perancangan game tidak hanya ditujukan sebagai sarana hiburan, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampikan informasi dan pendidikan. Pemain (player) di dalam permainan menjadi bagian dari sebuah cerita, sehingga akan memancing konsentrasi player untuk masuk dan mendalami permainan dalam game. Game mobile berbasis Android yang banyak di minati oleh semua kalangan dan di anggap lebih praktis menjadi pilihan dalam perancangan ini. Berdasarkan teori dan penelitian, game dengan genre puzzle dapat memberikan exposure yang tinggi pada permainan kartu puzzle sebagai media utama untuk memudahkan anak dalam menghafal doa-doa. Penggambaran karakter pun disederhanakan dan disesuaikan dengan gaya yang popular di kalangan remaja saat ini.
Actions (login required)