UDiNus Repository

Game Edukasi Mengenal Berbagai Macam Profesi untuk Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Android

MOCHAMMAD, FAUZI (2015) Game Edukasi Mengenal Berbagai Macam Profesi untuk Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Android. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (264Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Usia dini sering disebut sebagai usia emas (golden age) bagi tumbuh dan berkembangnya anak. Pendidikan anak pada usia pra sekolah dasar (PAUD dan TK) memberikan pondasi bagi tumbuh berkembangnya anak selanjutnya. Anak usia pra sekolah juga merupakan usia yang paling peka bagi anak. Sebab itu akan menjadi titik tolak yang sangat strategis dalam mengukir kualitas seorang anak dimasa depan. Anak sangat kaya akan daya khayal, pikir, rasa ingin tau dan daya kreatifitas yang tinggi. Untuk meningkatkan kreativitas anak, maka diperlukan rangsangan yaitu dalam bentuk sebuah permainan yang mendidik dan dapat meningkatkan kemampuan dalam berfikir, berbahasa serta bergaul dengan orang lain. Dalam hal ini pengenalan macam profesi sangat penting agar anak dapat mengerti apa saja profesi yang ada disekitar mereka, bukan hanya mengasah kemampuan mengingat, tapi juga imajinatif dan artistik, pemahaman ruang, keterampilan kognitif, serta pola berpikir kreatif. Game biasanya terkesan negatif bagi sebagian orang tua. Game identik dengan hiburan semata-mata atau kesenangan sesaat yang sering dipertentangkan dengan proses belajar anak. Tapi pada sisi lain sebenarnya game juga tidak selamanya indentik dengan kejelekan. Karena ada banyak juga game yang baik yang tidak saja menghibur tetapi juga memiliki nilai-nilai edukasi di dalamnya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17005

      Actions (login required)

      View Item