UDiNus Repository

Uji Kelayakan Bus dengan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus : Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Semarang)

MOCHAMMAD, YUNIAR (2015) Uji Kelayakan Bus dengan Metode Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus : Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (817Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4025b) | Preview

      Abstract

      Bus merupakan salah satu alat transportasi umum yang memiliki kapasitas pengangkutan yang besar sehingga lebih efisein dan menghemat tenaga jika dibandingkan dengan alat transportasi lainnya. Bus juga memiliki masa berlaku uji berkala seperti alat transportasi umum lainnya. Massa berlaku uji berkala dilakukan untuk mengetahui kondisi bus apakah diperbolehkan beroperasi atau layak jalan. Massa berlaku uji berkala yaitu setiap enam bulan. Kondisi bus yang tidak layak jalan menyebabkan banyak terjadi kecelakaan . Untuk dapat mengetahui kelayakan jalan bus dibuat suatu aplikasi uji kelayakan bus dengan teknik fuzzy logic tsukamoto. Penggunaan metode fuzzy logic tsukamoto dipilih karena merupakan suatu metode yang dapat memprediksi dan memberikan toleransi data-data yang tidak tepat yang bersifat fleksibel dan fluktuatif. Input yang dibutuhkan adalah rem, alur ban, panjang kendaraan, massa kendaraan, kekuatan cahaya lampu, dan kebisingan klakson. Sedangkan output yang dihasilkan adalah nilai kelayakan jalan bus. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu petugas bagian uji kendaraan bus agar dapat menentukan kelayakan jalan bus. Aplikasi uji kelayakan jalan bus tersebut menghasilkan akurasi sebesar 88,235 % yang diharapkan dapat membantu petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Semarang untuk menentukan kelayakan jalan bus.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17011

      Actions (login required)

      View Item