AYU, PRABANDARI (2015) SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN PSIKOLOGI PESERTA DIDIK PADA SMP N 1 KERSANA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan peralihan ke masa remaja setelah melewati masa kekanak-kanaknya di Sekolah Dasar (SD). Dapat dimengerti bahwa akibat yang luas dari masa peralihan masa remaja ini (puber) sangat rentan dengan kenakalan remaja, karena pada masa ini anak masih labil dalam menentukan mana yang negatif dan mana yang positif atau mana yang baik serta mana yang buruk. SMP N 1 Kersana Brebes merupakan sebuah Sekolah Menengah Pertama yang berada di kecamatan Kersana yang juga merupakan salah satu sekolah standar nasional. Permasalahan yang dihadapi peserta didik SMPN 1 Kersana Brebes kebanyakan tentang masalah faktor ekonomi, karena para orangtua siswa mayoritas berprofesi sebagai buruh dan yang berprofesi sebagai PNS hanya 4% saja. Maka para siswa yang orangtuanya berprofesi buruh mengalami kendala masalah ekonomi yang mengharuskan siswa tersebut membantu orangtuanya. Hal demikian berpengaruh terhadap psikologis siswa. Agar para orangtua siswa dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh anaknya, dibutuhkan campur tangan teknologi infomasi untuk mempermudah orangtua mengontrol anak tentang permasalahan apa saja yang dihadapinya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode waterfall yang dimulai dari tahapan perencanaan, analisis sistem, desain sistem dan implementasi sistem. Dari hasil penelitian akan menghasilkan Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Psikologi Peserta Didik di SMP N 1 Kersana.
Actions (login required)