UDiNus Repository

Implementasi Sistem Informasi Transaksi Pengiriman Berbasis Desktop di PT Indonesia Logistik

AL, RIDHA MATHARI (2015) Implementasi Sistem Informasi Transaksi Pengiriman Berbasis Desktop di PT Indonesia Logistik. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (495Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dari tahun ke tahun khususnya dalam pemrograman berbasis java, telah banyak di implementasikan dan digunakan dalam berbagai instansi pemerintah maupun swasta untuk mempermudah proses kinerja suatu perusahaan. Salah satunya adalah instansi yang bergerak dalam bidang pengiriman ekspedisi pengiriman jasa yaitu Cabang PT. Indonesia Logistik di Semarang. PT. Indonesia Logistik merupakan perusahaan yang bergerak dalam menyediakan jasa pelayanan ekspedisi pengiriman jasa kepada perusahaan-perusahaan lain diseluruh provinsi Indonesia dan Mancanegara. Pada studi kasus ini pada bagian ekspedisi di PT. Indonesia Logistik masih melakukan proses pendataan, perhitungan, transaksi, pencarian dan pembuatan laporan secara manual, sehingga sering terjadinya kesalahan dalam menginputkan data, terlambatnya data laporan keuangan, serta dalam pelayanan kepada pelanggan yang kurang maksimal, sehingga dalam hal ini banyak sekali keluh kesah dari pelanggan. Perancangan sistem informasi pengiriman yang akan dibuat ini adalah bertujuan untuk meminimalisirkan kesalahan yang selama ini terjadi pada alur system sebelumnya. Dalam perancangan sistem informasi pengiriman ini penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), serta berbagai alat rancangan lain yang digunakan dalam merancang sistem antara lain, seperti Flow Of Document, Context Diagram, Data Flow Diagram, dan Entity Relationship Diagram. Dari penelitian ini, diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem informasi pengiriman berbasis java yang dapat bekerja secara maksimal dan dapat membantu petugas dalam pelayanan kepada pelanggan. Pada tahap akhir dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat membantu dan mempermudah admin atau karyawan serta meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan agar mencapai suatu timbal balik yang menguntungkan bagi PT. Indonesia Logistik dan pelanggan lainnya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17049

      Actions (login required)

      View Item