UDiNus Repository

PERANCANGAN PROSEDUR AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERUSAHAN(STUDI KASUS PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG)

IHDA, SULISTYONINGSIH (2015) PERANCANGAN PROSEDUR AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERUSAHAN(STUDI KASUS PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (265Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Sistem Informasi Akuntansi merupakan bagian penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Dimana fungsi sistem ini sangat beragam, selain untuk kemudahan dan keefektifian sebuah pekerjaan juga menjadi internal control dalam menilai kinerja karyawannya. Berdasarkan itulah PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang yang bergerak dibidang distribusi dan penjualan mengembangkan kinerja karyawannya dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer. Penggajian dan Pengupahan merupakan salah satu unsur dari sistem informasi tersebut. Pemberian gaji dan upah yang tidak efektif dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan pengendalian internal penggajian yang menjamin pemenuhan hak tenaga kerja (karyawan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perancangan prosedur penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berarti tidak menggunakan rumus. Sistem manual memungkinkan terjadinya celah untuk melakukan kecurangan yang dilakukan oleh karyawannya sendiri. Selanjutnya berdasarkan implementasi yang dilakukan masih ada beberapa kekurangan pada proses penggajian dan pengupahan ini, namun secara garis besar sistem ini sudah cukup mampu mengatasi permasalahan utamanya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17223

      Actions (login required)

      View Item