UDiNus Repository

ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

NABILA, DZAKIRAH (2015) ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (606Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3943b) | Preview

      Abstract

      Sebuah perusahaan perlu menciptakan presepsi positif dibenak konsumen. Presepsi positif merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu produk. Perusahaan perlu menyampaikan atau mengomunikasikan suatu produk atau jasa dengan menyentuh sisi emosional konsumen. Salah satu konsep marketing yang dapat digunakan untuk mempengaruhi emosi konsumen agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah melalui experiential marketing yang terdiri dari panca indera (sense), perasaan (feel), pikiran (think), tindakan (act), hubungan (relate). Penerapan experiential marketing di PT Saibah mampu memberikan informasi dan pengalaman kepada konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) terhadap keputusan pembelian. Data diperoleh dari kuesioner terhadap 100 responden konsumen PT Saibah yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan Uji Logistic Regression. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sense (X1) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, feel (X2) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, think (X3) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, act (X4) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan relate (X5) terbukti berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17232

      Actions (login required)

      View Item