NABILA, DZAKIRAH (2015) ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
Abstract
Sebuah perusahaan perlu menciptakan presepsi positif dibenak konsumen. Presepsi positif merupakan faktor penting dalam kesuksesan penjualan suatu produk. Perusahaan perlu menyampaikan atau mengomunikasikan suatu produk atau jasa dengan menyentuh sisi emosional konsumen. Salah satu konsep marketing yang dapat digunakan untuk mempengaruhi emosi konsumen agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah melalui experiential marketing yang terdiri dari panca indera (sense), perasaan (feel), pikiran (think), tindakan (act), hubungan (relate). Penerapan experiential marketing di PT Saibah mampu memberikan informasi dan pengalaman kepada konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing (sense, feel, think, act, dan relate) terhadap keputusan pembelian. Data diperoleh dari kuesioner terhadap 100 responden konsumen PT Saibah yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan Uji Logistic Regression. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sense (X1) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, feel (X2) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, think (X3) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, act (X4) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan relate (X5) terbukti berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Actions (login required)