LUTFATILA, MASITOH (2015) `Perbedaan Kualitas Pelayanan Antara Pasien Dinas Dan Umum Di Bagian Pendaftaraan Rawat Jalan Di Detasemen Kesehatan Pangkalan Lanumad Ahmad Yani Semarang”. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (457Kb) | Preview | |
| PDF Download (3912b) | Preview |
Abstract
Permasalahan kualitas pelayanan pada pasien dibagian pendaftaran rawat jalan di DENKESLAN adalah karyawan yang kurang peduli terhadap pasien yang berobat ke DENKESLAN, hal ini terlihat sebesar 70% pasien merasa tidak puas terhadap pelayanan rawat jalan di DENKESLAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan antara pasien dinas dan pasien umum dibagian pendaftaran DENKESLAN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik, dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian adalah 30 pasien dinas dan 30 pasien umum, yang diambil secara accidental sampling dengan kriteria inklusi pasien sudah melakukan pelayanan. Analisis yang digunakan adalah uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara emphaty pasien dinas dengan pasien umum(p value 0,001< 0,05) dan ada perbedaan assurance pasien dinas dan pasien umum (p value 0.0001 < 0,05). Peningkatan kualitas pelayanan antara pasien dinas dan pasien umum,meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasienyang difokuskan kepadapetugas bagian pendaftaran dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan pasien dinas dan pasien umum, meningkatkan kapabilitas dan komitmen petugas bagian pendaftaran dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pasien.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 11:28 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 11:28 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17399 |
Actions (login required)
View Item |