UDiNus Repository

EFEKTIFITAS PROMOSI KESEHATAN 5S TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTEK 5S PEKERJA DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA SEMARANG TAHUN 2015

DONARDO, ARTHANTO YUDHA (2015) EFEKTIFITAS PROMOSI KESEHATAN 5S TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTEK 5S PEKERJA DI PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (449Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT.Charoen Pokphand Indonesia Semarang adalah perusahaan agro bisnis yang bergerak pada bidang pakan ternak. PT.Charoen Pokphand menyadari penerapan 5S mempunyai peranan penting dalam melancarkan operasional pekerja dan perusahaan. Agar kegiatan program 5S itu dilaksanakan oleh pekerja, perlu dilakukan promosi kesehatan 5S melalui berbagai media salah satunya melalui media cetak. Tujuan penelitian ini menganalisis efektifitas promosi kesehatan 5S terhadap pengetahuan, sikap, dan praktek pekerja di PT.Charoen Pokphand Indonesia Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design yang dilakukan pada 50 responden. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara promosi kesehatan 5S dengan peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek responden. Efektifitas media buku saku dan poster yang digunakan untuk promosi kesehatan 5S turut memberikan keefektifitasan terhadap peningkatan pengetahuan responden sebesar 33,3%, peningkatan sikap responden sebesar 14,75%, dan peningkatan praktek responden sebesar 16,46% Promosi kesehatan 5S melalui media buku saku dan poster berpengaruh efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktek pekerja dalam penerapan 5S di area processing PT. Charoen Pokphand Indonesia Semarang tahun 2015, diharapkan juga untuk perusahan dan petugas untuk mengupayakan kembali promosi kesehatan penerapan 5S melalui media safety talk yang diputarkan setiap pagi sebelum beraktivitas.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:28
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:28
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17417

      Actions (login required)

      View Item