ANANG, PRASETIYO CATUR (2015) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BLORA KABUPATEN BLORA TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (441Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Puskesmas merupakan salah satu komponen dalam sistem kesehatan masyarakat, yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna, meliputi upaya kuratif, rehabilitatif, promotif, dan preventif. Pada saat ini Puskesmas perlu memperhatikan dengan seksama terjadinya dinamika lingkungan. Pasien yang berkunjung ke Puskesmas lebih dikarenakan keperawatan, jasa pelayanan dan fasilitas yang dapat mengakomodasikan kebutuhan Pelanggan / Pasien yang berkunjung. Angka kunjungan pasien di Puskesmas Blora tiap tahun menurun, dari tahun 2010 dengan angka kunjungan 48.431, 2011 menurun menjadi 44.178, tahun 2012 menurun menjadi 41.786, tahun 2013 menurun menjadi 39.717 dan tahun 2014 menurun menjadi 31.051. Penelitian ini bertujuan Untuk menggambarkan hubungan karakterisktik pasien dengan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Blora. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskripstif analitik, dengan pendekatatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Puskesmas Blora pada tahun 2014 sebanyak 31.051.Sampel yang dibutuhkan 100 responden. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan yang digunakan accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 52% persepsi responden dengan kulitas baik di Puskesmas Blora Tidak ada hubungan jenis kelamin (p-value = 0,921), umur (p-value = 0,570), pekerjaan (p-value=0,178) dan Ada hubungan Pendidikan (p-value=0,031) dengan kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Blora. Kepala Puskesmas Blora diharapkan memberikan motivasi kepada petugas pendaftaran dan apotik untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 11:29 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 11:29 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17468 |
Actions (login required)
View Item |