UDiNus Repository

EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VISUAL 5R TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PENERAPAN 5R PADA PEKERJA CV. MENTARI JAYA GEMILANG KOTA SEMARANG TAHUN 2015

EKTIAR, SEPTIANTORO (2015) EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VISUAL 5R TERHADAP PENGETAHUAN DAN PRAKTIK PENERAPAN 5R PADA PEKERJA CV. MENTARI JAYA GEMILANG KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (497Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Pada Negara – Negara maju semua industrinya lebih memilih menggunakan mesin – mesin canggih yang dapat menggantikan ratusan tenaga manusia dalam sekali proses produksi. Untuk pengendaliannya, salah satu konsep dalam budaya industri adalah budaya 5R. Konsep ini sederhana dan mudah dipahami dan merupakan langkah awal penyebarluasan budaya industri. Konsep 5R yang dikembangkan di Jepang, disebut sebagai 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke. Di Indonesia promosi kesehatan melalui media visual 5R sendiri masih belum terlaksanakan secara merata pada setiap industri, padahal 5R adalah konsep dasar yang relatif mudah untuk diterapkan pada perusahaan tersebut, tetapi konsep ini sering terabaikan sehingga dalam penerapannya mengalami hambatan.. Penelitian ini bertujuan Menganalisis Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Media Visual 5R Terhadap Pengetahuan dan Praktik Penerapan 5R Pada Pekerja CV. Mentari Jaya Gemilang Kota Semarang Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental, dengan pendekatatan One group pre test – post test design. Keseluruhan pekerja CV. Mentari Jaya Gemilang sebanyak 32 pekerja. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan pengambilan sampel secara keseluruhan yaitu 32 orang pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pengetahuan sebelum diberikan promosi kesehatan melalui media visual 5R dan setelah diberikan promosi kesehatan melalui media visual 5R pada pekerja CV. Mentari Jaya Gemilang Semarang (p-value = 0.000). Ada perbedaan antara praktik sebelum promosi kesehatan melalui media visual 5R dan setelah diberi promosi kesehatan melalui media visual 5R pada pekerja CV. Mentari Jaya Gemilang Semarang (p-value = 0.000). Perusahaan CV. Mentari Jaya Gemilang hendaknya memberikan promosi kesehatan tentang 5R kepada semua pekerja melalui media safety talk setiap pagi sebelum bekerja sehingga merubah perilaku pekerja di tempat kerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:29
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17485

      Actions (login required)

      View Item