UDiNus Repository

PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP)

DIDIK, AJI KHUSNA (2015) PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (445Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan PT. BARALI CITRAMANDIRI yang merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pengolahan kayu yang menghasilkan bermacam-macam produk mebel indoor dan outdoor. Perusahaan ini selalu mengalami keterlambatan disetiap proses produksinya dan juga jumlah permintaan dari konsumen tidak dapat dipenuhi sesuai dengan order yang telah ditentukan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan kapasitas produksi terhadap permintaan suatu produk. Produk yang dianalisis adalah produk Cross Section Floor Lamp Base Natural dan Cross Section Floor Lamp Base Earth Brown yang paling banyak memliki jumlah permintaan dibandingkan produk yang lain. Perencanaan kapasitas produksi dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang terkait seperti : data permintaan produk, data jumlah hari kerja dan data waktu baku pembuatan produk. Hasil tersebut nantinya akan diolah dengan menggunakan Perencanaan Agregat, Master Production Schedulle dan dilanjutkan dengan metode Rough Cut Capacity Planning guna menentukan kapasitas produksi yang dimiliki oleh perusahaan. Dari hasil analisa yang telah dilakukan total kapasitas produksi perusahaan untuk 22 hari kerja kapasitas Reguler Time untuk pembuatan produk tersebut adalah 308 (jam) dengan output per unit 221,76. Dengan menggunakan metode Rough Cut Capacity Planning diharapkan perusahan dapat melakukan perencanaan produksi yang baik untuk dapat memenuhi jumlah permintaaan yang diinginkan oleh konsumen.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17502

      Actions (login required)

      View Item