UDiNus Repository

Rancang Bangun Modifikasi Tempat Sampah Kertas Menggunakan Pendekatan Kano Model dan Metode Quality Function Deployment (QFD)

PITRI, DEWI PUSPITA (2015) Rancang Bangun Modifikasi Tempat Sampah Kertas Menggunakan Pendekatan Kano Model dan Metode Quality Function Deployment (QFD). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (570Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      ABSTRAK Kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga alam sekitar. Salah satu contohnya dengan membuang sampah di tempat sampah. Ada 2 jenis sampah yaitu organik dan anorganik. Sebagai contoh di kantor atau di sekolah sering dijumpai sampah anorganik sejenis kertas, sampah kertas sering memenuhi kapasitas tempat sampah. Karena hal tersebut Mereka enggan untuk memadatkan isi tempat sampah dengan menggunakan kaki atau tangan kosong. Dari hasil penyebaran kuisioner 30 respoden menyatakan 97 % tempat sampah belum efektif dan 90% perlu adanya inovasi pada tempat sampah. Dari permasalahan tersebut, tujuan peneliti yaitu merancang produk tempat sampah kertas yang sesuai dengan kebutuhan konsumen melalui pendekatan model Kano dan metode QFD serta perhitungan antropometri. Pendekatan model kano digunakan untuk mengklasifikasikan atribut-atribut kebutuhan konsumen ke dalam 4 kategori. Hasil pengolahan metode Kano menunjukkan bahwa tidak ada atribut yang masuk ke dalam kategori Indifferent, dimana dari 11 pernyataan 3 masuk pada kategori attractive, 4 pada one dimensional dan 4 sisanya pada must be. Sedangkan pengolahan metode Quality Function Deployment (QFD) dan House Of Quality (HOQ) menerjemahkan kebutuhan konsumen dalam bentuk karakteristik teknis dan dikembangkan ke dalam target spesifikasi serta analisa perhitungan untuk mendapatkan urutan prioritas untuk perancangan produk. Hasil dari QFD dan HOQ menunjukan atribut yang memiliki prioritas pertama yaitu adanya inovasi penambahan alat press pada produk tempat sampah ketas dengan nilai absolute importance sebesar 161,35. Untuk perancangan produk menggunakan perhitungan antropometri, dimensi tubuh yang diambil yaitu tinggi popliteal menggunakan persentil 5 sebesar 36,97. Hasil semua perhitungan diwujudkan dalam perancangan produk dalam bentuk prototpye.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17518

      Actions (login required)

      View Item