UDiNus Repository

PERANCANGAN MEJA PRODUKSI AYAM POTONG MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN MERODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI AYAM POTONG

RR., RAHMAWATI SHANIA (2015) PERANCANGAN MEJA PRODUKSI AYAM POTONG MENGGUNAKAN MODEL KANO DAN MERODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI AYAM POTONG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (441Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Usaha pemotongan ayam merupakan salah satu usaha yang memiliki pangsa pasar yang sangat baik, dengan rasio peningkatan per tahun sebesar 7,86% untuk provinsi Jawa Tengah. Usaha pemotongan ayam tradisional hanya dengan tempat kerja yang seadanya tanpa mempertimbangkan tingkat kenyamanan pekerjanya dan waktu yang lama untuk proses pemotongan ayam. Model Kano digunakan untuk menggali atribut yang perlu dikembangkan lebih lanjut dan memiliki satu atribut unggulan yaitu meja produksi multifungsi yang baik untuk dikembangkan lebih lanjut yang termasuk dalam atribut One Dimensional. Untuk korelasi Kano dan QFD maka ditentukan K Value untuk diolah dalam matriks QFD. Hasil QFD dan HOQ menterjemahkan kebutuhan konsumen dalam bentuk karakteristik teknis dengan hasil perhitungan nilai absolute importance yang memiliki nilai terbesar adalah meja produksi multifungsi dengan nilai 185,07. Untuk perancangan meja yang ergonomis maka dilakukan perhitungan antropometri dengan data jangkauan tangan untuk lebar meja menggunakan persentil 50 dengan nilai 82, data tinggi siku berdiri untuk tinggi meja menggunakan persentil 50 dengan nilai 104 dan data tinggi bahu berdiri untuk tinggi gantungan ayam menggunakan persentil 50 dengan nilai 139. Hasil implementasi perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan meja produksi ayam potong yang menggunakan peta aliran proses diperoleh waktu proses produksi sebelumnya 5 menit 35 detik dan waktu proses produksi sesudahnya 3 menit 61 detik. Peningkatan nilai produktivitas dan kenaikan omzet sebesar 8,1%. Hasil ini menunjukkan proses produksi lebih cepat dan ukuran meja yang nyaman untuk pekerja.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:32
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:32
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17526

      Actions (login required)

      View Item