UDiNus Repository

ANALISA KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SPEEDUP PAD 7.85 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

RAMA, ADIPUTRO KRISNO (2015) ANALISA KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SPEEDUP PAD 7.85 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (477Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Industri perangkat telepon genggam atau yang biasa disebut dengan gadget sangat menjamur di dunia. SpeedUp adalah salah satu merek gadget buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT MLW Telecom. Pada tahun 2014 Universitas Dian Nuswantoro dan pihak SpeedUp melakukan kerjasama tentang pembelian gadget SpeedUp Pad 7.85, yang dibagikan kepada mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 1.250 unit. Penelitian ini membahas tentang kepuasan mahasiswa sebagai konsumen dari SpeedUp terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh SpeedUp Service Center yang berlokasi di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini ialah dengan menggunakan Service Quality serta Analisis Fishbone. Service Quality digunakan untuk mencari tingkat presepsi konsumen dan Analisis Fishbone adalah alat untuk memperhatikan faktor-faktor utama yang berpengaruh pada kualitas dan mempunyai akibat pada masalah yang dipelajari. Dalam penelitian ini dihasilkan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan dan signifikan terhadap konsumen adalah 38,4% dan sisanya sebesar 61,6% dipengaruhi dari variabel lain di luar penelitian. Dengan besar pengaruh hanya mencapai 40% tersebut, pengaruh terlihat masih rendah serta diperlukan upaya untuk menciptakan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang bersifat superior sehingga mempengaruhi kepuasan konsumen. Apabila SpeedUp ingin meningkatkan kepuasan konsumen, maka salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memberikan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan konsumen serta lebih baik dibandingkan dengan kualitas yang diberikan oleh pesaing.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
      T Technology > Teknik Industri
      Divisions: Fakultas Teknik
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:33
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:33
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17545

      Actions (login required)

      View Item