UDiNus Repository

ANALISIS PRICE EARNING RATIO BESERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2012)

EVY, HIKMAWATI (2015) ANALISIS PRICE EARNING RATIO BESERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2012). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (603Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pasar modal memiliki peranan penting dalam menunjang perekonomian suatu negara. Di antara berbagai instrumen pasar modal, saham merupakan instrumen investasi yang memiliki tingkat return dan risiko yang tinggi. Disisi lain return atas investasi saham yaitu dividen dan capital gain lebih sulit diprediksi sehingga investor harus melakukan analisis saham guna memperoleh keuntungan yang diharapkan. Dalam mengambil kebijakan untuk melakukan investasi para investor menggunakan salah satunya adalah analisis fundamental. Salah satu analisis fundamental yang paling sering digunakan oleh para investor dan analis sekuritas dalam menilai harga suatu saham adalah dengan pendekatan price earning ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), dividend payout ratio (DPR), price to book value (PBV), current ratio (CR), dan firm size terhadap price earning ratio (PER) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 12 perusahaan pada sektor perusahaan manufaktur. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari setiap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yaitu tahun 2009-2012. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap PER. Hanya empat variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap PER, yaitu return on equity (ROE), dividend payout ratio (DPR), price to book value (PBV) dan current ratio (CR). Sedangkan variabel debt to equity ratio (DER) dan firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap PER. Akan tetapi secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap PER. Sedangkan angka koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,981 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 98,10%.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17588

      Actions (login required)

      View Item